stikes.bch@gmail.com
08112607131. Fax (0281)621341

Sejarah STIKes Bina Cipta Husada

Pendidikan di Indonesia dalam penyelenggaraannya membutuhkan peran serta masyarakat yang merupakan sebuah pengabdian warga negara terhadap bangsa dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang bukan hanya tanggungjawab pemerintah. Masyarakat mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan suatu pendidikan formal melalui suatu lembaga yang berbadan hukum sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 54 yang menyatakan bahwa Masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana dan pengguna hasil pendidikan.
Bahwa perguruan tinggi adalah pusat penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, sebagai suatu masyarakat ilmiah yang penuh cita–cita luhur, guna mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang – Undang dasar 1945.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Cipta Husada Purwokerto adalah salah satu bentuk perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dalam pendidikan tinggi di bidang kesehatan.
Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Cipta Husada Purwokerto merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 yang bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan/penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaan bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Cipta Husada Purwokerto sebagai perguruan tinggi yang berkedudukan di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah memikul tugas dan tanggungjawab untuk mengembangkan sumberdaya manusia sesuai kebutuhan pembangunan, baik di wilayah kabupaten Banyumas maupun kawasan nusantara, dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.
Selanjutnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Cipta Husada Purwokerto didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bina Cipta Husada Purwokerto sejak tahun 2003 yang beroperasional tahun 2005 sesuai Keputusan Mendiknas sebagai perguruan tinggi yang mandiri, dalam menyelenggarakan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya dengan jumlah program studi sebanyak dua (2) program studi Strata 1 Kesehatan Masyarakat dan Diploma IIIKebidanan.
Sekarang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Cipta Husada Purwokerto sudah menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan perguruan tinggi sejumlah 25, dan masih sedang menambah lagi, dalam rangka penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi penyaluran lulusan.
Pada saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Cipta Husada Purwokerto mendapat kepercayaan dari Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banjarnegara serta Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purbalingga.
Merujuk pada Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana Strategis (Renstra) STIKes Bina Cipta Husada Purwokerto, maka setiap rencana kegiatan harus berdasar pada evaluasi diri dalam melakukan tahapan transformasi dan perbaikan mutu penyelenggaraan intitusi secara berkelanjutan sebagai pedoman awal dari rencana pengembangan sesuai kebutukan pengguna lulusan STIKes Bina Cipta Husada Purwokerto.